-->
  • Jelajahi

    Copyright © GRESIKNEWS.ID
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iframe sync

    Iklan

    Dukung Daya Saing UMK di Gresik, SIG Bantu Pelatihan Strategi Pemasaran Digital

    , Saturday, October 26, 2024 WIB Last Updated 2024-11-04T07:52:54Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini

     


    JAKARTA – Pengelola Usaha Mikiro dan Kecil (UMK) di Gresik diberi pelatihan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL)



    Mereka dilatih tentang Strategi Pemasaran Digital di Grand Ballroom Hotel Horison, kabupaten Gresik, Jawa Timur, selama dua hari pada Kamis 17 Oktober 2024 dan Jumat, 18 Oktober 2024.


    Pelatihan diikuti 42 pelaku UMK dari bidang fesyen, kuliner, hingga kerajinan (craft). Mereka  hadir berdasarkan rekomendasi Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Gresik. Mereka dari 4 Kecamatan di kabupaten Gresik, yaitu Kecamatan Kebomas, Gresik, Cerme dan Manyar.


    Pelatihan yang diberikan antara lain strategi digital marketing dengan optimalisasi e-commerce dan media sosial, pengelolaan informasi produk, praktik packaging produk yang efektif, pembukuan transaksi, hingga mindset dalam membangun relasi usaha untuk meningkatkan  jaringan pemasaran produk.


    Koordinator Bidang TJSL Kementerian BUMN, Fahrudin Mustamin memberi apresiasi positif kepada SIG atas penyelenggaraan pelatihan strategi pemanfaatan digital kepada peserta yang hadir. Fahrudin menyebutkan, SIG sebagai perusahaan BUMN menjalankan fungsi agen pembangunan dan membantu pemerintah dalam menyejahterakan masyarakat.


    “Sesuai Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2003 tentang BUMN, salah satu tujuan pendirian BUMN adalah turut aktif dalam memberikan bantuan untuk pengusaha ekonomi lemah, koperasi dan masyarakat. Oleh karena itu, SIG sebagai value creator harus mampu menggerakkan roda perekonomian masyarakat agar lebih memiliki nilai tambah,” kata Fahrudin, dalam rilis Humas SIG, Kamis, 24 Oktober 2024.


    Menurut Fahrudin, saat ini UMKM di Indonesia menghadapi berbagai tantangan, seperti peningkatan kapasitas, mutu dan skill (access to capabilities) serta peningkatan pasar (access to market). Sehingga para pelaku UMKM terbatas dalam mengembangkan usahanya. Pihaknya mengaku, pelatihan seperti yang dilakukan SIG ini mampu menjawab tantangan UMKM di Indonesia.


    “Kami harap pelatihan ini mampu menjadi sarana belajar dan berkembang bersama. Sesuai dengan tema pelatihan “We Learn to Grow, We Earn to Grow”, belajar dan menghasilkan untuk tumbuh dan bersinar bersama. Tidak hanya dalam hal kapasitas tapi juga pendapatan karena harus optimis mampu go digital bahkan go global,” imbuh Fahrudin.


    Pada kesempatan yang sama, SIG juga memberikan bantuan 1 alat memasak kue berupa oven kepada peserta dari Kelurahan Gending, Kecamatan Kebomas, Nunuk Sovi Yuniarti (47 tahun), pelaku UMK kuliner pastel kering.


    Dalam kesempatan itu Nunuk mengakui, keterbatasan alat menjadi penghambat dalam memenuhi permintaan konsumennya yang semakin banyak. “Setiap pesanan memang bisa saya kerjakan sendiri hanya dengan bantuan dari anak-anak saya di rumah. Tapi sudah lama oven memang rusak, jadi untuk produksi dalam jumlah banyak tidak memungkinkan,” ujar Nunuk.


    Sebagai pelaku UMK yang memiliki konsumen tetap, Nunuk mengakui belum mengoptimalkan pemasaran digital, karena masih ada kekhawatiran dalam mengelola pesanan dalam jumlah banyak.


    “Saya baru pertama kali ikut pelatihan digital seperti ini dari SIG jadi saya bisa belajar banyak. Alhamdulillah, selain menambah wawasan dan pengalaman soal penggunaan marketplace secara maksimal, yang paling penting jaringan bertambah. Dari yang tidak kenal jadi kenal, sehingga mampu membuka potensi perluasan pasar. Terima kasih atas pelatihan dan bantuan yang diberikan pada kami pelaku UMK,” ungkapnya.


    Sementara Corporate Secretary SIG Vita Mahreyni mengatakan, SIG selalu berkomitmen mendukung kemajuan UMKM di Indonesia untuk memperkuat perekonomian daerah dan mendukung upaya pemerintah dalam mewujudkan indonesia emas 2045.


    Kegiatan ini merupakan langkah SIG untuk membantu UMKM tidak hanya bertahan, tetapi juga tumbuh dan bersaing di pasar yang semakin kompetitif.


    "UMKM memiliki peran penting dalam menciptakan lapangan pekerjaan dan mendukung pemberdayaan masyarakat. Dengan pendampingan yang berkelanjutan, diharapkan UMKM dapat mandiri dan memberikan manfaat yang berkelanjutan pula untuk bangsa, karena UMKM juga merupakan tulang punggung perekonomian negara. Oleh karena itu, SIG akan terus mendampingi UMKM agar mampu berkembang dan bersaing, baik di pasar nasional maupun global," kata Vita Mahreyni.


    Tentang SIG

    SIG atau PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, adalah perusahaan BUMN klaster infrastruktur yang tercatat di PT Bursa Efek Indonesia, dengan 51% saham dimiliki Pemerintah Indonesia. Bertransformasi sejak tahun 2013, kini SIG telah menjadi penyedia solusi bahan bangunan terdepan di kawasan regional, menjangkau pasar Asia, Australia dan Oceania.


    Berbekal pengalaman lebih dari 100 tahun, SIG sebagai holding BUMN semen menyatukan enam anak usaha produsen semen yaitu, PT Semen Padang, PT Semen Gresik, PT Semen Tonasa, PT Solusi Bangun Indonesia Tbk, PT Semen Baturaja Tbk dan Thang Long Cement Company, Vietnam. Di bawah SIG, perusahaan semen nasional tersebut berkomitmen menyediakan solusi bahan bangunan dengan prinsip berkelanjutan untuk menjaga keanekaragaman hayati dan mengurangi emisi gas rumah kaca. (Tim Work).


    Komentar

    Tampilkan

    Terkini